Kriteria Calon Pasangan Ideal Menurut Islam

calon istriHampir semua orang ketika pasangan hidup menginginkan pasangan yang saleh, kaya, dari keularga terhormat, dan cantik pula. Ini memang kriteris yang ideal. Namun sesuai sunatullah, tidak ada manusia di dunia ini yang sempurna. Tidak mudah mendapatkan pasabgan yang memiliki keempat kriteria di atas. Di samping itu, keempat standar tersebut anatara satu orang dan yang lainnya berbeda.

Oleh karena itu, Rasulullah berpesan untuk memilih wanita yang baik agamanya. Maknanya, kendati terdapat kekurangan dalam kriteria yang lain, yang penting baik agama dan akhlaknya. Mengapa? Karena orang yang baik agamanya akan senantiasa menjalankan hak dan kewajibannya sesuai dengan status dirinya, sebagai suami maupun istri.

Ketika pernikahan didasari faktor agama, target menjadi keluarga yang sakinah, mawadah dan warahmah pun Insya Allah akan terwujud di dalam rumah tangga. Sebab, agama adalah hidayah bagi akal dan hati. Meskipun begitu, agama tidak menghalangi keberadaan kriteria-kriteria yang lain. Prinsipnya, biar cantik asal agamanya baik.

Masih tentang memilih pasangan yang baik agamanya, Rasulullah bersabda:
“Apabila datang kepada kalian orang yang kalian sukai agama dan akhlaknya, nikahkanlah dia. Apabila kalian tidak melakukannya, akan ada fitnah (petaka) dan kerusakan di bumi” HR Tirmidzi.

Selain empat kriteris di atas, Rasullullah juga memberikan beberapa anjuran dalam meilih pasangan hidup.
Bagi seorang laki-laki, hendaknya mengutamakan calon istri yang masih gadis. Rasullulloh bersabda:

“Pilihlah perempuan-perempuan yang perawan, sebab mereka lebih manis mulutnya (tutur katanya), lebih subur rahimnya (banyak anak), dan lebih ridha dengan yang sedikit” HR. Ibnu Majah

Rasulullah juga menganjurkan untuk memilih wanita yang penyayang dan subur (banyak keturunannya). Beliau bersabda:
“Menikahlah dengan perempuan yang penyayang dan banyak keturunan karena aku bangga dengan jumlah umatku yang banyak” HR. Abu Dawud.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: